TERJEMAHAN KITAB BULUGHUL MAROM

Terjemahan Kitab Bulughul Marom karya Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-'Asqolani ini disertai dengan takhrij hadits berdasarkan kitab-kitab Syaikh Al-Albani dan Ulama'-ulama' lainnya. Penerjemah sekaligus muroja'ah kitab ini adalah Ustadz Badru Salam, LC Hafizohullah. Berikut ringkasan mukaddimah penulis Kitab Bulughul Marom tersebut.

            Kitab ini merupakan ringkasan yang mencakup pokok-pokok dalil berdasarkan hadist bagi hukum-hukum syari'at. Aku telah menulisnya dengan tulisan yang dapat dimengerti, agar orang-orang yang dapat menghafal (hadits-hsdits)nya dapat mengulang di antara (waktu-waktu) yang sama. Juga agar penuntut ilmu pemula dapat meminta bantuan (jika lupa akan satu hadits dan ingin menghafalnya lagi-pent) pada kitab ini dan orang yang menyukainya dapat puas dengannya.

            Dan telah kujelaskan sumber semua hadits dari para imam yang meriwayatkannya dengan tujuan menasihati ummat. Adapun yang dimaksud dengan imam yang tujuh, yaitu Ahmad, Al-Bukhari, Muslim Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah.Yang dimaksud dengan imam yang enam, yaitu para imam selain imam Ahmad. Juga yang dimaksud dengan imam yang lima, yaitu para imam selain Al-Bukhari dan Muslim.Kadang-kadang aku juga mengatakan, "imam yang empat dan Ahmad." Maksud dari imam yang empat adalah selain tiga imam yang pertama (Ahmad, Al-Bukhari dan Muslim). Adapun maksud imam yang tiga yaitu para imam selain (tiga yang pertama dan -pent) selain imam yang terakhir (Ibnu Majah -pent). Maksud dari muttafaq 'alaihi, yaitu (riwayat) Al-Bukhari dan Muslim. Dan terkadang pula aku tidak menyebutkan beserta keduanya (Al-Bukhari dan Muslim) selain keduanya. Dan apa yang selain itu, maka hal tersebut telah dijelaskan.

             Aku menamakan Kitab ini, "Bulughul Maroom Min Adillatil Ahkaam." Aku memohon kepada Allah agar tidak menjadikan apa yang kita ketahui itu akan mendebat kita dan sebagai kelusuhan. Dan agar Allah memberikan kita amal yang diridhoi-NYA Subhanahu wa ta'ala.


Ini tadi sedikit mukaddimah Al-Hafidz Ibnu Hajar Rahimahullah, untuk lebih jauh silahkan di unduh Terjemahan Kitab Bulughul Marom tersebut.


TERJEMAHAN KITAB BULUGHUL MAROM


Semoga Bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar