AL BIDAYAH WAN NIHAYAH

Kitab Bidayah Wan Nihayah - Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah jualah akhirnya buku al-Bidayah wan Nihayah karya monumental al-Hafizh Abul Fida' Ibnu Katsir yang direvisi, ditahqiq dan disusun kembali oleh Dr. Muhammad bin Shamil as-Sulami dapat dirampungkan penerjemahannya. Buku fenomenal yang memang perlu dibaca oleh kaum muslimin yang mengungkapkan kepada kita masa-masa keemasan Islam dan kaum Muslimin. Semua peristiwa direkam secara apik oleh al-Hafizh Ibnu Katsir dalam bukunya ini. Beliau menyu-sunnya berdasarkan kronologis waktu dan peristiwa. Salah satu kelebihan kitab beliau ini daripada buku-buku sejarah lainnya adalah referensi dan sumber-sumber sejarah yang menjadi patokan beliau.

Beliau bersandar kepada referensi terpercaya dan sumber-sumber sejarah yang berasal dari riwayat-riwayat yang shahih dan bisa dipertanggung jawabkan. Beliau berkata, "Kami tidak akan menyebutkan riwayat-riwayat israiliyyat (riwayat-riwayat Bani Israil), kecuali yang telah diizinkan oleh sya-riat untuk dinukil yang tidak menyelisihi al-Qur'an dan sunnah RasulNya dan inilah bagian dari hal-hal yang tidak boleh dibenarkan ataupun didustakan yang biasanya menceritakan secara lebih luas berita-berita ringkas yang terdapat dalam agama kita, seperti penyebutan nama yang tidak disebutkan dalam syariat kita, yang
hakikatnya tidak begitu penting untuk kita ketahui detailnya, maka dalam hal ini kami akan sebutkan sebagai pe-lengkap saja bukan sebagai hujjah yang akan dijadikan sebagai landasan, sebab sandaran sebenarnya hanyalah al-Qur'an yang mulia dan riwayat-riwayat yang dinukil secara shahih ataupun hasan, adapun riwayat-riwayat yang lemah akan kami jelaskan kelemahannya." Inilah metodologi yang dipakai pengarang buku-buku sirah nabi dan kisah-kisah para nabi sebelumnya. Beliau selalu bersandar kepada al-Qur'an dan riwayat-riwayat hadits yang marfu' ataupun mauquf, baik hadits tersebut shahih ataupun hasan.

Beliau akan menyebutkan riwayat yang terdapat di dalamnya kelemahan sambil mengingatkannya. Keistimewaan metode ini, beliau selalu menyebutkan haditshadits maupun atsar lengkap dengan sanadnya, agar para pembaca maupun peneliti dapat mengetahui kedudukan sanad tersebut dan akan lebih mudah untuk mengkritisinya, beliau tidak pula menyebutkan berita israiliyyat kecuali yang dibolehkan syariat saja. Selain itu beliau tidak menyebutkannya kecuali sekedar untuk dikritik. Beliau mengkritik para penulis sejarah yang banyak memuat riwayat israiliyyat dalam buku-buku mereka, beliau berkata, "Kami tidak akan meng-ikuti jejak mereka, ataupun menempuh jalan mereka. Kami tidak akan menyebutkan riwayat-riwayat seperti itu kecuali sedikit saja agar lebih ringkas, kemudian akan kami terangkan yang haq dan yang sesuai dengan apa-apa yang terdapat dalam agama kita. Adapun berita yang menyelisihi konsep agama kita pastilah akan aku ingkari. Jadi, referensi beliau dalam penulisan kitab kolosal al-Bidayah wan Nihayah ini adalah sebagai berikut :

- Al-Qur'anul karim dan kitab-kitab tafsir bil ma’tsur (tafsir dengan atsar maupun hadits), kemudian asbabun nuzul (sebab turun ayat).

- Sunnah-sunnah yang diriwayatkan dari Nabi saw baik yang terdapat dalam kitab-kitab Shahih (yang memuat hadits shahih saja, pent.), kitab Sunan, Musnad, maupun Jami'.

- Atsar yang dinukil dari perkataan sahabat dan para tabi'in.

- Kitab-kitab yang terdahulu seperti: Taurat dan Injil, namun beliau akan memilih-milih dari kitab tersebut sebagaimana yang beliau sebutkan lebih dari sekali, "Berita-berita yang boleh kita riwayatkan sebagaimana sabda Nabi 'Silahkan menyampaikan riwayat dari Bani Israil tidaklah mengapa, namun siapa saja yang berdusta atas namaku maka hendaklah mangambil tempat di neraka'

- Di antara referensi beliau dalam penulisan sirah: Kitab-kitab Maghazi nya Dalail an-Nubuwwah, khususnya kitab Maghazi Ibnu Ishaq, dan Musa bin Uqbah, ataupun kitab Dalail an-Nubuwwah karya Abu Nu'aim, ataupun Dalilun Nabi karya al-Baihaqi. Disebabkan begitu luasnya bacaan dan hafalan beliau terhadap sunnah nabi, sehingga seolah-olah beliau benar-benar mengusai semua yang terdapat dalam kitab-kitab Shahih, Sunan, Musnad, Mushannaf, dan kitab-kitab tafsir bil ma'tsur yang berkaitan dengan tema-tema yang terdapat dalam sirah nabi.

Ini sedikit pengantar penerjemah kitab Al Bidayah Wan Nihayah karya imam Ibnu Katsir Rahimahullah tersebut. Silahkan di unduh filenya dalam format pdf bagi yang berminat.

Al Bidayah Wan Nihayah

Semoga Bermanfaat!!


0 komentar:

Posting Komentar